3 Cara cepat menentukan KPK dan FPB dari suatu bilangan Matematika untuk siswa SD dan SMP

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi Indonesia,

Matematika merupakan mata pelajaran yang mengasyikan dan menantang,tetapi juga ada sebagaian dari siswa yang masih takut pada pelajaran matematika.Butuh ketekunan dan sering berlatih untuk bisa pandai matematika.

Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan dan pengalaman mengenai cara cepat menentukan KPK dan FPB dari suatu bilangan bagi siswa SD/MI maupun SMP/MTs.Materi KPK dan FBP mulai diberikan pada kelas 4.Mulai dari pengenalan faktor bilangan,mengenal bilangan prima serta macam-macam jenis bilangan seperti bilangan ganjil,bilangan genap,bilangan cacah,bilangan bulat,bilangan prima serta bilanagn komposit.

Pengertian KPK sendiri adalah Kelipatan Persekutuan Terkecil dari suatu bilangan.Maksud nya kita akan menemukan Keliptan yang sama pada suatu bilangan yang di urutan dengan keipatan angka itu sendiri.Persekutuan sendiri memiliki arti sama.Sedangkan Faktor artinya pembagi.

FPB adalah Faktor Pembagi Terbesar dari dua bilangan atau lebih.Nilai dari FPB adalah pasti angkanya di bawah soal atau maksimal sama dengan soal.Cara mementukan KPK dan FPB hampir mirip atau sama langkah-langkahnya.Yang membedakan adalah pangkatnya.

Ada 3 cara menetukan KPK dan FBP dari dua bilangan atau lebih yang saya ketahui,mungkin bapak/ibu guru yang lain bisa menambahkan sendiri ada trik atau cara yang lain.3 cara tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dengan menggunakan Pohon Faktor
Misalkan saya ambil contoh menentukan KPK dan FBP dari bilangan 18 dan 24.

Kita cari daulu faktor-faktornya dari bilangan 18 dan 24.Dan perlu di ingat faktor atau pembaginya harus bilangan prima dan dimulai dari yang paling kecil kemudian dilanjutnya keatasnya.Contoh bilangan Prima adalah dimuali dari angka 2,3,5,7,11,13,17,19,23,29,31,37,41,47,53,59,...dan seterusnya.


Setelah kita mencari faktor dari 18 dan 24 seperti gambar di atas langkah selanjutnya adalah menetukan KPK dan FPB dengan melihat pangkat dan angka pokoknya yang saya kasih warna merah.
Cara menentukan KPK adalah 
  1. Tulis kembali bilangan pokok mulai dari bilanagn pokok yang paling kecil,jika ada bilangan pokok yang sama silahkan pilih bilangan pokok dengan pangkat terbesar.
  2. Jika bilangan pokok tidak memiliki pasangan silahkan tulis kembali beserta pangkkatnya jika ada.
  3. Setelah ditulis semua baru diurutkan dan dikalikan dari masing-masing bilangan tersebut
Maka KPK dari 18 dan 24 adalah =  2 ³ 3² 
                                                       = 8 x 9
                                                       = 72
Sedangkan cara menentukan FB adalah:
  1. Pilih angka/bilangan pokok yang memilliki pasangan,pilih pangkat yang paling kecil atau terkecil.
  2. Jika bilangan pokok tidak memiliki pasangan jangan di tulis kembali
  3. Jika tidak ada billangan pokok yang sama,maka FPB nya adalah 1
Maka FPB dari 18 dan 24 adalah = 2 x 3
                                                        = 6

Untuk cara yang ke dua dan ketiga akan saya bagikan pada kesempatan yang akan datang.Cara di atas merupakan cara dasar atau cara yang sering dipakai oleh guru mauapun cara yang ada di buku paket.Masih banyak cara lain yang lebih praktis dan cepat dalam menentukan KPK dan FPB.

Diperlukan juga media pembelajaran yang dapat memudahkan pemahaman anak didik dalam hal pelajaran matematika.Berikut ini contoh media pembelajaran Matematika SD untuk Kelas 4,5 dan yang bisa dimanfaatkan oleh rekan guru.
Silahkan Download cara cepat menentukan KPK dan FBP Download Di Sini

Silahkan baca juga media pembelajaran kelas 4,5 dan 6 SD/MI semua mata pelajaran di bawah ini:

Demikian materi seputar cara cepat menentukan KPK dan FBP dari 2 bilangan atau lebih dalam pelajaran matematika SD/MI Kelas 4,5 dan 6.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan sumber pembelajaran dan pengetahuan bagai siswa serta rekan guru di sekolah.Dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita menyapaikan materi matematika agar mudah diterima oleh anak didik.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "3 Cara cepat menentukan KPK dan FPB dari suatu bilangan Matematika untuk siswa SD dan SMP"

  1. yang perlu dikenal dulu dalam menentukan kpk dan fpb adalah 1. urutan bilangan prima dari kecil dan saterusnya.
    2. melihat faktor bilangan yang sama.
    3. untuk pangkat yang tertinggi akan menghasilkan kpk
    4. untuk pangkat yang terkecil akan menghasilkan fpb
    demikian comment saya, saya ucapkan banyak terima kasih ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bapak ahmad,atas masukannya.tetap semangat dan berkreasi mencerdaskan anak didik

      Hapus