Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan serta fungsinya IPA kelas 6 SD/MI

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam sahabat guru yang ada dis eluruh nusantara,selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog administrasipendidik.blogspot.com.Pada kesempatan malam ini saya aakn berbagi materi tentang  ciri-ciri khusus pada tumbuhan serta fungsi bagian dari tumbuhan tersebut.setiap tumbuhan memiliki ciri-ciri khusus yang bertujuan untuk bisa beradaptasi denagn lingkungannya.Kemudia ciri khusus tersebut juga berfungsi untuk mendapatkan makanan serta menghindari mangsanya.Berikut ini beberapa contoh tumbuhan disekitar kita yang sering kita jumpa ai yang memiliki ciri-ciri khusus.

Tumbuhan ada yang hidup di daerah kering atau sering disebut dengan tumbuhan xerofit contohnya adalah kaktus,lidah buaya.Ada juga tumbuhan yang hidup di daerah basah atau berair disebut dengan tumbuhan hidrofit.Contoh tumbuhan hidrofit adalah enceng gondok dan tumbuhan teratai.Sedangkan tumbuhan yang hidup di daerah lembab(tidak berair juga tidak kering) disebut dengan tumbuhan higrofit.contohnya adalah tumbuhan paku,lumut dan jamur.Dari beberapa contoh tersebut masing-masing tumbuhan memiliki ciri khusus sesuai dengan tempat hidupnya.

1.Tumbuhan kaktus
   memiliki daun seperti duri untuk mengurangi penguapan yang berlebihan,sehingga tumbuhan kaktus tidak kekuranagan air.Memiliki batang yang tebal dan besar untuk menyimpan cadangan air.Batang dilapisi lilin untuk mengurangi penguapan.Dan memiliki akar yang panjang untuk mencari air sebanayak mungkin dari dalam tanah.

2. Tumbuhan Cemara
    Memiliki daun berbentuk jarum yang dilapisi lilin untuk mengurangi penguapan.
3. Tumbuhan Teratai
    Memiliki daun yang lebar dan tipis yang bertujuan untuk mempercepatan penguapan.Tumbuhan teratai juga memiliki batang yang berongga untuk menyalurkan udara ke akar dan membantu tumbuhan mengapung di air.

4. Tumbuhan Kantung semar
    Kantong semar merupakan tumbuhan pemakan serangga atau sering disebut insektivora.Ujung daun berbentuk seperti kantong yang berisi cairan untuk mencerna serangga.

5. Tumbuhan Venus
    Tumbuhan venus juga merupakan tumbuhan pemakan serangga(insektivora).Memiliki daun seperti tangkup untuk memerangkap serangga yang mendekat.

6. Tumbuhan Enceng Gondok
    Ciri tumbuhan enceng gondok adalah pangkal tangkai daun berongga untuk mengapung di atas perukaan air.

7. Tumbuhan Bakau
    Ciri tumbuhan bakau adalah memiliki akar udara untuk menyerap oksigen.Daunnya dapat mengeluarkan kelebihan garam.Tumbuhan bakau berfungsi untuk mencegah abrasi pantai.

8. Tumbuhan Raflesia Arnoldi
    Ciri tumbuhan ini adalah mengeluarkan cairan berbau busuk yang dapat memikat serangga untuk membantu proses penyerbukan.Hidup sebagai parasit karena tidak dapat melakukan kegiatan fotosintesis atau membuat makanannya sendiri.Tidak memiliki daun dan batang.

selain materi di atas rekan guru bisa membaca juga materi ciri-ciri khusus pada hewan dan fungsinya klik di sini.

Media pembelajaran IPA SD/MI silahakn download di sini

Demikian materi tentang ciri-ciri khusus pada tumbuhan serta fungsinya pada mata pelajaran IPA Kelas 6 SD/MI yang dapat saya bagikan.Semoag bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan serta fungsinya IPA kelas 6 SD/MI"

Posting Komentar