5 Tips mengajarkan Matematika pada Anak SD/MI Kelas Tinggi agar mudah memahami Materi

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi Indonesia,

Selamat malam sahabat pendidik yang ada di seluruh Nusantara,Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog Administrasipendidik.blogspot.com.Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan bagaimana cara mengajarkan Matematika pada anak didik SD/MI kelas tinggi agar mudah memahami materi.

Mata pelajaran Matematikan merupakan mata pelajaran yang banyak di takuti oleh anak didik baik di tingkat SD/MI sampai di jenjang Sekolah SMA sederajat.Sebenarnya belajar matematika itu mudah dan menyengkan karena bisa mengasah otak kita untuk berpikir lebih cerdas,kreatif dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang Pendidik atau guru selain cerdas juga harus bisa menyampaikan materi kepada anak didik.Karena tidak semua guru yang cerdas atau pandai bisa menyampaiakn materi kepada anak didik dengan tepat dan mudah dipahami siswanya.

Berikut ini saya akan bagikan beberapa tips yang menarik para siswa khususnya siswa SD/MI agar bersemangat untuk belajar Matematika di sekolah.

  1. Mengajar Dengan Hati bukan dengan Emosi
Bapak/ibu Guru pasti akan marah dan malas jika para siswa kurang tanggap dalam memahami materi yang kita ajarkan.Ingat kita sebagai pendidik tugasnya adalah menyampaikan materi bukan membuat anak menjadi pintar.Kepandaian masing-masing anak berbeda-beda.Maka dalam penyampaiannya pun harus berbeda.


Karena kalau kita mengajarkan dengan emosi maka materi yang kita sampaikan juga tidak mudah diserap oleh anak didik.Materi yang diterima anak akan masuk dari telinga kanan dan keluar dari telinga kiri.

Ketika mengajarkan materi di depan kelas,bapak/ibu guru memang harus ikhlas menyampaikan materi kepada anak didik.Jangan sampai ketika kita mengajarkan materi kepada anak dengan emosi.

    2. Penyampaian materi secara berulang-ulang kepada anak didik

Bapak/ibu guru jangan pernah merasa bosan menyampaikan materi kepada anak didik.Karena tidak semua anak didik bisa memahami langsung materi yang kita ajarkan.Kemudian karakter anak didik juga berbeda mungkin ada yang pendiam belum bisa tetapi takut untuk bertanya kepada kita.

Kemudian juga bisa terjadi materi yang kita sampaikan ada yang terlewatkan.Sehingga anak didik masih kebingungan dalam memahami materi.Penyampain materi secara berulang-ulang juga bertujuan agar anak lebih matang dalam memahami materi yang kita ajarkan.

   3. Pergunakan Media Pembelajaran atau alat Peraga yang menarik

Media pembelajaran atau alat peraga adalah sarana yang dipergunakan oleh seorang guru untuk memudahkan anak dalam memahami materi yang diajarkan.Media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar anak didik.

Bapak/ibu guru bisa memilh media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan.Mislakan kita menyampaikan materi tentang bilangan bulat,maka media pembelajaran yang tepat adalah menggunakan manik-manik postif dan negatif seperti gambar di bawah ini:

  4. Anak didik di latih untuk selalu mengerjakan soal-soal latihan

Matematikan bukan mata pelajaran hafalan,tetapi merupakan mata pelajaran yang perlu pemahaman yang lebih.Jika hanya hafal saja rumusnya,tetapi tidak paham akan proses penyelesainnya maka juga tidak akan bisa mengerjakan soal-soal.

Biasanya anak didik hafal rumusnya,tahu rumusnya tetapi kesulitan untuk mengerjakannya.Karena mereka belum memahami konsep materi sepenuhnya.Maka kita sebagai pendidik harus sering memberikan soal-soal latihan agar anak didik hafal dan paham langkah-langkah dalam mengerjakan soal-soal.

5. Membimbing secara khusus dan memberikan motivasi kepada anak didik yang masih mengalamaikesulitan dalam pemahaman konsep.

Setiap anak memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda.Kemampuan tersebut bisa karena faktor genetika atau faktor keturunan keluarga maupun dari sikap dan sifat anak yang perlu di rubah.Sikap anak yang bisa dan yang belum bisa bisa dilihat dari mimik wajah anak tersebut.

Jika masih ada anak yang masih kesulitan dalam memahami konsep materi matematika,maka kita sebagai pendidik perlu melakukan bimbingan khusus.Bimbingan khusus bisa dilakukan setelah pulang sekolah.

Selain melakukan bimbingan khusus kita sebagai pendidik juga perlu memberikan motivasi semangat belajar kepada anak didik tersebut.Pendekatan kepada anak didik,perhatian kepada anak didik akan membuat anak didik semakain percaya diri dan tidak minder di kelas.

Berikut ini beberapa Media pembelajaran yang bisa dipergunakan oleh rekan pendidik untuk memotivasi,dan memudahkan pemahaman bagi anak.Media pembelajaran ini berupa Power Point maupun Macro Flass sehingga sangat mudah dan praktis digunakan di kelas.
  1. Media Pembelajaran Matematikan kelas 4,5 dan 6 SD/MI 
  2. Trik perkalian Matematika dengan mudah dan cepat
Demikian materi tentang 5 tips mengajarkan Matematika pada anak SD/MI kelas tinggi agar mudah memahami materi.Semoga tips-tips tersebut bisa dijadikan sebagai bahan rujukan di sekolah.Silahkan dipratikan di sekolah masing-masing.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips mengajarkan Matematika pada Anak SD/MI Kelas Tinggi agar mudah memahami Materi"

Posting Komentar